Kasdam Pattimura: Kodam Siap Jaga Pemilu Aman dan Damai

0

Beritalaser.Com.ambon.
TNI dalam hal ini Kodam XVI/Pattimura, sudah sangat siap mengamankan Pemilu tahun 2024 mendatang dengan berpedoman pada asas netralitas TNI.

Hal tersebut diutarakan Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, saat mewakili Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., menjadi narasumber pada acara Talk Show Pemilu yang digelar oleh Bawaslu Provinsi Maluku dengan Stasiun LPP TVRI Maluku di Swiss-Belhotel, Ambon, Jumat (24/11/2023).

Selain itu, Kasdam mengatakan bahwa, TNI sesuai dengan tugasnya yaitu siap memback-up Kepolisian dalam mengamankan jalannya pesta demokrasi 5 Tahunan tersebut.

“Banyak hal yang dilakukan dan disiapkan mulai dari, pembekalan kepada prajurit tentang netralitas TNI yang isinya mengenai hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan, termasuk pemberian buku saku netralitas TNI sebagai barometer dan pengingat agar netral dalam mengawal Pemilu”, ujar Kasdam.

Dijelaskan juga oleh Kasdam, mengingat luas wilayah kerja Kodam XVI/Pattimura yang melingkupi dua Provinsi, yaitu Maluku dan Malut dalam pengamanan Pemilu disiapkan kurang lebih 5000 personil.

Menurutnya, kerawanan yang masih sering terjadi yaitu pertikaian antar kampung, yang menjadi salah satu penyebabnya adalah miras. Untuk itu, hal ini perlu menjadi perhatian bersama. Terkait dengan beberapa titik daerah yang masih dianggap rawan konflik, Kodam masih menempatkan beberapa pos pengamanan yang mana, hal ini juga merupakan permintaan dari masyarakat setempat.

“Kami dari┬áTNI Kodam XVI/Pattimura berharap, Pemilu ini bisa dijadikan momen pesta rakyat yang aman dan damai, siapapun Presidennya itulah Presiden kita, kami juga mengajak semua pihak untuk menjaga etika dalam berpolitik”, pungkas Kasdam.

Acara Talk Show Pemilu yang mengusung tema “Kerawanan Pemilu di Maluku” ini juga, menghadirkan beberapa narasumber lain seperti, Karo Ops Polda Kombes Pol Asep Saepudin S.I.K., Akademisi IAIN Ambon Dr. Manaf Tubaka dan Ketua Bawaslu Prov. Maluku Zubair.

Halima Rehatta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *