dr. Rifai Himbau Masyarakat Agar Segera Vaksinasi

Tual Berita-Laser, Kurang lebih dua minggu yang lalu tenaga kesehatan puskesmas tual berjumlah 11 orang terpapar covid-19.

Saat ini nakes tersebut, sudah selesai isolasi. 6 orang isolasi di rumah sakit darurat anugrah, dan sisanya isolasi mandiri di rumah.

Pernyataan ini disampaikan kepala puskesmas tual, dr. Rifai Kabalmay kepada media ini, bertempat di ruangan puskesmas tual rabu 21 juli 2021.

Dikatakan kabalmay, saat ini tenaga kesehatan puskesmas tual kondisinya membaik dan sudah kembali ke rumah masing-masing.

“Sampai saat ini kami masih menunggu swab kontrol. Sehingga teman-teman bisa kembali aktivitas. Saya perkirakan hari senin besok mereka sudah aktivitas seperti biasa”ungkap kabalmay.

Sementara itu, kabalmay juga menjelaskan pelayanan di puskesmas tual terhadap masyarakat sesuai dengan prosedur dan mekanisme dengan mengikuti protokol kesehatan. Yaitu, memakai masker,jaga jarak, cuci tangan dll.

Dalam kesempatan tersebut kabalmay mengajak, seluruh masyarakat kota tual agar yang belum vaksin segera di vaksin. Menurutnya, tujuan dari pada vaksinasi untuk mengurangi angka kematian dari covid-19.

Menurutnya, jika vaksinasi sudah mencapai 70% keatas, maka akan timbulnya komuniti kekebalan tubuh. Sehingga, masyarakat bisa terlepas dari pandemi covid-19.

Dikatakan, puskesmas tual menjadwalkan vaksinasi mulai dari hari senin hingga kamis sesuai dengan stok vaksin. Kini puskesmas tual fokus pada vaksinasi tahap ke-2.

Dirinya menjelaskan, untuk prosedur seseorang di vaksin adalah discrening terlebih dahulu. Proses ini tenaga medis mencari tau apakah ada penyakit yang di kontradisikan dengan vaksinasi.

” Semua masyarakat bisa di vaksin asalkan penyakitnya bisa dikontrol. Yang tidak bisa di vaksinasi apabila orang tersebut datang sementara sakit demam dan tekanan darahnya naik”tuturnya.

Ia juga mengatakan sesuai dengan arahan dinas kesehatan, yang tidak memenuhi syarat untuk vaksinasi akan diberikan surat keterangan bahwa untuk sementara tidak bisa di vaksinasi.

Kabalmay menghimbau kepada masyarakat kota tual, agar bisa menyadari pentingnya vaksinasi untuk mencegah penyebaran covid-19. Selain itu, program vaksinasi juga untuk mengurangi angka kematian. Untuk itu, ia mengajak masyarakat agar segera melakukan vaksinasi di puskesmas-puskesmas terdekat. (01)

Tinggalkan Balasan