Pemkot Tual Gelar Upacara, Hari Pahlawan 10 November 2021

Tual Berita-Laser, Pemerintah kota tual menggelar upacara memperingati hari pahlawan pada tanggal 10 november 2021, bertempat di halaman balai kota tual, 10/11/21.

Pantauan media ini, Walikota tual Adam Rahayaan bertindak sebagai pembina upacara. Cadangan, wakil walikota tual Usman Tamnge. Benjamin Muskita kepala sub bagian program evaluasi pada satuan polisi pamong praja, sebagai pemimpin upacara dan fredik carter hukubun kepala seksi bina kesejahteraan rakyat pada dinas sosial bertindak sebagai penata upacara.

Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharani dalam sambutannya yang dibacakan walikota tual Adam Rahayaan mengatakan,

Kita dapat melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021 dengan khidmat. Meskipun, di tengah masa pandemi covid ini tentunya dengan jumlah peserta yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Dijelaskan, Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja. Namun, lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kehilangan makna. Bahkan, dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Lanjut dikatakan, Nilai-nilai kepahlawanan seperti, percaya kepada Tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu dan bergotong royong. Hal tersebut, perlu dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia.

Rahayaan menyebutkan, Semangat kepahlawanan yang terus menyala, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita cita pendiri negeri ini Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Sukarno yang menyatakan bahwa “…hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar…”.

“Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini.
Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia.”tandasnya.

Diakhir sambutan rahayaan menyampaikan, Selamat Hari Pahlawan Tahun 2021, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan-Nya kepada bangsa Indonesia.

Usay upacara dilaksanakan terlihat penyerahan piagam dan piala bagi pemenang lomba karya ilmiah hari pahlawan tingkat propinsi maluku oleh walikota tual, wakil walikota dan kepala dinas sosial kota tual.

Adapun juara 1 atas nama NABILA SARWADAN, juara 2, atas nama : Rindi Rumakey dan juara 3 atas nama : Lafila Zahra Tamher.

(01).

Tinggalkan Balasan