Inilah Sambutan Pemkot Tual, Dalam Acara Misa Pertama Uskup Amboina Mgr. Seno Ngutra

Tual Beritalaser. Pemerintah kota tual, Paroki serta masyarakat kota tual menyambut gembira atas pentahbisan putra asli Kei menjadi pimpinan tertinggi keuskupan Amboina.

Pernyataan ini disampaikan Wakil Wakil walikota tual Usman Tamnge yang mewakili walikota tual dalam menyampaikan sambutan, dalam acara misa pertama Uskup Amboina Mgr. Seno Ngutra untuk Wilayah Kei Kecil 15/5/20/22.bertempat di stadion kabupaten Malra.

“Mewakili Pemerintah kota tual dan masyarakat, Wawali Kota tual mengucapkan selamat kepada Mgr Seno Ngutra.” Hormatnya.

Dijelaskan, Kota Tual pernah diterapkan sebagai kota terbaik kelima secara nasional setelah Manado, Pematangsiantar, Salatiga, dan Singkawang dalam toleransi kehidupan antar umat beragama di Indonesia pada 2018 lalu oleh Setara Institut. Hal tersebut didapatkan karena dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dan sebagai wujud nyata telah dibangunnya miniatur tiga rumah ibadah yakni Masjid yang diapit oleh Gereja Katholik dan Gereja Protestan.

Pemerintah kota tual sangat mengharapkan dukungan dari yang mulia Uskup Diosis Amboina Mgr Seno Ngutra untuk dapat membantu dalam kegiatan pembinaan iman agar menjadi masyarakat yang religius dalam suasana kekeluargaan dan persaudaraan yang selaras dengan falsafah orang kei Manut Enmehe Ni Tilur Vuut Enmehe Ni Ngivun,” pintanya seraya menekankan sngguh alangkah bahagianya dan  indahnya orang-orang religius hidup dalam persaudaraan yang rukun.

Lebih lanjut dikatakan, Sebagai salah satu perwujudan kota yang religius dan bertoleransi maka pada 2018, Kota Tual meminta untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan pesta “Pesparani” Paduan Suara Gerejani Katholik tingkat provinsi Maluku ke empat.Dan atas perkenaan Tuhan, kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada September tahun ini.

Tamnge menambahkan, Semoga kita semua baik Pemerintah daerah, tokoh umat beragama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan semua di tanah para martir berani untuk terus memperbaharui hidup dan karya kita dengan sebaik-baiknya yang tentunya dibawa penyertaan Tuhan. Sekali lagi, Pemkot Tual mengucapkan selamat kepada Mgr Seno Ngutra selaku Uskup Diosis Amboina.

Terlihat, lebih 20 ribu umat Katholik bersama penganut agama lain seperti Muslim, Protestan dan Hindu serta Budha dari Malra maupun Kota Tual memadati stadion tersebut yang dilanjutkan dengan acara seremonial.

(01)

Tinggalkan Balasan