Optimalkan SP4N-LAPOR, Jeny Mandak Hadirkan 4 Narasumber

0

Tual Beritalaser. Dinas Komunikasi dan Informasi kota tual lewat Sekretaris Dinas KOMINFO Jeny Mandak menggelar Talk Show aksi Perubahan terkait Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Kota Tual dan tindak lanjut penyelesaian pengaduan masyarakat melalui optimalisasi pengelolaan SP4N-LAPOR di Kota Tual (PELA – SASI).

Kegiatan berlangsung di aula kantor walikota tual Senin 7 November 2022.

Untuk mengoptimalkan SP4N-LAPOR Jeny Mandak menghadirkan empat narasumber yang pertama dari Ketua DPRD Kota Tual, Alan Borut, Kedua, Sekretaris Daerah Yani Renuat, ketiga dari perwakilan Jurnalis Abdullah Tusiek dan pembicara dari Perwakilan kelompok informasi masyarakat Jemi Atbar.

Dalam kesempatan tersebut, Alan Borut Selaku Ketua DPRD menjelaskan bahwa, DPRD merupakan salah satu unsur lembaga penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagaimana diatur dalam undang-undang. DPRD dan Pemerintah Kota Tual juga merupakan mitra sejajar yang selalu bekerja sama.

Untuk itu menurutnya, DPRD Ada untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat dan melayani masyarakat. Perlu diketahui bahwa, Jumlah masyarakat hampir 90 ribu orang sehingga tidak semua orang bisa pergi untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduan kepada DPRD. Sehingga, Program SP4N – LAPOR sangat bermanfaat dan mempermudah masyarakat mendapatkan akses pelaporan dan pengaduan secara online.

Sekretaris Daerah Kota Tual Yani Renuat selaku selaku narasumber kedua mengatakan, pelaksanaan pembangunan semakin kompleks. Tuntutan expetasi dan harapan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan semakin meningkat. Oleh karena itu, pemerintah sedang dihadapi oleh sebuah tantangan bagaimana kebutuhan masyarakat dapat diakomodasi melalui saluran-saluran komunikasi.

Pemerintah diharapkan juga untuk membangun komunikasi yang efektif. Olehnya itu, SP4N LAPOR selain memberikan aspek terhadap masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya, hal itu juga menjadi fungsi kontrol masyarakat bagi pemerintah kota tual untuk menekan tingkat penyelewengan terhadap penyelenggaraan pemerintahan.

“Banyak penilaian masyarakat yang menilai dari aspek-aspek lain bahwa, penyelenggaraan pemerintah belum terlalu optimal. Banyak kritikan-kritikan masyarakat melalui media untuk pemerintahan. Sehingga, hal ini merupakan indikator bahwa pengelolaan pemerintahan belum optimal”ungkap Renuat.

Untuk itu kata Renuat, kehadiran SP4AN – LAPOR adalah sangat penting baik dari rumusan kebijakan maupun dalam tatanan pelaksanaan. Bila pengendalian belum mampu dilaksanakan secara baik maka, SP4N LAPOR berfungsi.

“Setiap warga negara Indonesia mampu memberikan pendapat serta pengaduan melalui aplikasi online tersebut demi mewujudkan pengelolaan pemerintahan yang baik dan menekan angka kesenjangan dari berbagai aspek “terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Nara sumber yang ketiga berasal dari Jurnalis kota tual Abdulah Tusiek menjelaskan bahwa, perlu diketahui Pers merupakan pilar ke 4 di Indonesia. Selaku Mitra kerja dengan pemerintah, Peran Pers sangatlah penting dalam mempublikasikan peningkatan pengelolaan penyelenggaraan pemerintahan di kota tual.

Tusiek mengatakan, SP4N LAPOR salah satu program dari Jeny Mandak dari Kominfo kota tual dianggap sangatlah baik dan perlu diimplementasikan. Karena, masyarakat saat ini sangat membutuhkan yang namanya informasi.

“Hal ini kita lihat perkembangan di media sosial bahwa, emosional masyarakat ingin mengetahui tentang pelayanan sangatlah tinggi. Namun, yang terjadi informasi tidak sesuai dengan harapan. Padahal, Pemkot sendiri sudah mempunyai program ini sejak tahun 2018″ungkapnya.

Tusiek sangat mendukung program ini dijalankan akan tetapi jangan disalahgunakan oleh masyarakat. Masyarakat boleh memberikan pengaduan bukan dasarnya tidak suka. Tetapi, memberikan pengaduan sesuai dengan fakta dan bukti agar aspirasi yang disampaikan dapat tersalur dan bisa membuat suatu perubahan.

Ia juga menuturkan bahwa, pelayan SP4N LAPOR sangat berguna untuk masyarakat bisa mendapatkan pelayanan prima. Selain itu, journalis kota tual juga dapat dengan mudah mengetahui serta mengakses informasi dari aplikasi online tersebut. Dengan adanya informasi aduan serta bukti dan fakta Jurnalis juga dapat membantu untuk mempublikasikan agar publik dapat mengetahui.

Dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena baru pernah jurnalis dilibatkan untuk kegiatan seperti ini. Untuk diketahui bahwa, pelayanan Pemkot tual kepada jurnalis sangatlah luar biasa sehingga patut diapresiasi.

” berharap dengan adanya Program ini masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik. Selain itu, seluruh lapisan elemen juga dapat mengakses program ini karena semua pihak membutuhkan informasi”tutupnya

Sementara itu Nara sumber yang terakhir Jemi Atbar dalam tanggapannya terkait SP4N LAPOR mengatakan, ada kefakuman dalam mensosialisasi program ini sampai ke lapisan masyarakat bawah. Karena, program ini sudah ada sejak tahun 2018.

Menurutnya, harus ada sosialisasi yang lebih extra lagi agar masyarakat jangan gagal paham. Terkait dengan informasi dan aduan. Pemanfaatan SP4N LAPOR secara digital juga saat ini belum nampak keberadaan.

“Jika saya membaca dari regulasi program ini, hal ini wujudnya adalah tentang kedisiplinan dari aparatur sipil negara secara transparansi dan akuntabilitas. Masyarakt juga diberikan kesempatan untuk memberikan penilaian terhadap kedisplinan bekerjanya aparatur dan transparansi” jelasnya.

Oleh sebab itu, kami sangat bertera kasih kepada ibu Jeny Mandak yang dimana telah menggagas program ini demi memajukan daerah ini ke depan.

Diakhir Talk Show, Jeni Mandak menyampaikan kesimpulan bahwa, ada 3 manfaat yang di harapkan dari aksi perubahan ini antara Lain:

Bagi Pemerintah Daerah Kota Tual :
1. Memudahkan menajamen mengidentifikasi unit atau bagian yang belum berfungsi secara maksimal di mata masyarakat.
2.Melalui identifikasi tersebut, proses perbaikan dengan mudah akan dilakukan dan mudah juga untuk dicapai.
3.memperbaiki tata kelola pemerintahan yang baik.
4. Memperkuat fungsi pelayanan pubklik pemerintah kota tual.
5. Menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah kota tual dalam menyelengarakan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan bagi kepentingan masyarakat kota tual.

Bagi pengguna Layanan:

1.menjamin hak pengaduan masyarakat dari manapun dan jenis apapun tersalurkan dan tertangani dengan cepat tepat handal dan berkualitas.
2. Memudahkan masyarakat Dalam melaporkan aduanya tanpa melewati birokrasi yang berbelit-belit. (01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *