Kadis Kesehatan Tual : Pelayanan Cepat & Tepat Untuk Kota Tual Sehat

0

Tual Beritalaser. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual Dr. M.Subhan Labetubun mengatakan, kesehatan merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah, mulai dari pelayanan hingga pemberdayaan.

Dikatakan, Dinas Kesehatan kota tual di bantu oleh Rumah Sakit dan UPTD Kesehatan, dalam rangka upaya pelayanan masyarakat kelompok dan juga perorangan. Hal tersebut merupakan program Dinkes tual.

“Program yang berikut adalah untuk sumber daya manusia, sumber daya kesehatan, alkes, formasi makanan minuman dan pemberdayaan kesehatan masyarakat”ungkapnya.

Labetubun menjelaskan, Upaya kesehatan sendiri terdiri dari 5 bagian yaitu, promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, kesehatan keluarga, kesehatan diri, pencegahan dan pengendalian penyakit.

Menurutnya, dinas kesehatan bukan saja berhubungan dengan orang sakit. Tetapi, mempunyai tugas yang sangat besar tentang pelayanan dasar yang berhubungan dengan seluruh penduduk. Mulai dari ibu hamil, anak baru lahir hingga orang lanjut usia dan orang meninggal.

Dirinya berharap dengan adanya pelayanan dasar kesehatan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup dan harapan hidup bagi masyarakat kota tual.

Ia juga mengatakan, tingkat kesehatan seseorang tergantung dari kualitas gizi dan lingkungan, fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan. Kualitas gizi biasanya berhubungan dengan makanan dan hal itu tidak menular. sedangkan, untuk kesehatan lingkungan berhubungan dengan penyakit menular.

Dinkes tual juga akan berupaya untuk meningkatkan fasilitas kesehatan rumah sakit dari akreditas B ke Akreditas C. Mulai dari sarana prasarana, ruangan dan tenaga kesehatannya.

Untuk diketahui, dinkes tual saat ini telah mengusulkan ke Kementerian Kesehatan melalui direktorat penyedia tenaga kesehatan untuk, mahasiswa yang berasal dari daerah kota tual dibiayai dalam bentuk afermasi beasiswa. Baik yang sedang melaksanakan profesi dokter dan juga Mahasiswa Kedokteran.

“Moto kami : Pelayanan yang cepat dan tepat untuk kota tual sehat”ujarnya.

Ditambahkan, Sesuai dengan amanat walikota tual Dr. M.Subhan Labetubun diangkat menjadi Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual pada tanggal 4 Oktober 2022. Sesuai amanat yang diberikan maka, dirinya siap berupaya untuk menjalankan tugas dengan baik. (01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *