Pj. Walikota Tual Merasa Bangga & Terharu Pawai Obor Melintasi Depan Gereja Maranatha

0

Tual Beritalaser. Menjelang Idul Fitri 1445 Hijriyah Tahun 2024 Pemerintah Kota Tual Menggelar Pawai Obor.

Penjabat Walikota Tual, A. Yani Renuat Merasa bangga dan sangat terharu saat, kegiatan malam takbiran pawai obor yang rute perjalanan melewati depan Gereja Maranatha Un Kota Tual. Hal ini disampaikannya saat disambut oleh Umat Nasrani yang di Pimpin oleh Ketua Majelis Jemaat Kota Tual, 9/4/24.

“Saya mengucapkan terima kasih dan terharu yang sangat mendalam karena terciptanya kerukunan antar umat beragama yang saling menghargai dan menghormati antar sesama golongan agama”ucapnya.

Menurutnya, ditahun tahun lalu, tidak pernah pawai obor melewati depan Gereja Maranatha melintasi jalan utama Un. Akan tetapi, di tahun 2024 Pawai obor bisa melintasi jalan umat Nasrani. Hal ini menunjukan bahwa, rasa persaudaraan kerukunan antar umat beragama dikota tual sangatlah baik.

Untuk itu, Renuat juga meminta agar pada saat Natal dan Tahun Baru umat Nasrani juga akan melewati jalan Pattimura Kota Tual.

Ia menjelaskan, pawai obor yang digelar merupakan suatu kegembiraan karena, sudah 1 bulan melewati ujian kesabaran iman dan tanggung jawab melaksanakan amanah

“Saya ucapkan terima kasih kepada basudara Nasrani dan Juga Islam karena selama bulan puasa sudah menjaga keamanan dan ketertiban di kota tual” ungkapnya.

Renuat juga merasa bangga, karena masyarakat adat Kei mempunyai Nilai-nilai Adat yang kuat, “Ai Ni Ain” sehingga, terciptanya rasa kebersamaan yang diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan.

Orang Nomor 1 di kota tual itu juga menyampaikan rasa terima kasih kepada, Unsur Forkopimda, Jajaran Pemerintah Kota Tual, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan seluruh elemen masyarakat yang sudah menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban dari awal bulan puasa hingga memasuki Perayaan Idul Fitri 1445 Hijriyah Tahun 2024.

Untuk diketahui, Pawai Obor melibatkan, Ketua MUI Kota Tual, Ketua Klasis Kei Kecil, Pendeta, Imam, Pastor, Pemuda AMGPM, Pemuda Katholik. Untuk Rute Perjalanan, Star Halaman Balai Kota Tual, Menuju Un, Depan Gereja Maranatha, Menuju Werhir Lanjut Jln Pattimura dan Acara Penutupan di Lapangan Lodar El Kota Tual.

Pantauan media ini seluruh rangkaian kegiatan dan perjalanan pawai obor berjalan aman dan lancar. Untuk jumlah para peserta pawai obor berkisaran ratusan orang (01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *