Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Siwalima Tahun 2021

Tual Berita-Laser, Jajaran Polres Tual menggelar Apel Gelar Pasukan (AGP) dalam rangka pengamanan Operasi Patuh Siwalima tahun 2021.

Sebagaimana dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya, AGP yang di koordinir langsung oleh Satuan Lalulintas Polres Tual ini juga melibatkan berbagai unsur antara lain TNI (Lanal, Kodim dan Auri), Brimob Batalyon C Pelopor serta Dinas Perhungan Kota Tual maupun Kabupaten Maluku Tenggara.

Operasi Patuh Siwalima kali ini mengusung Tema : “Melalui operasi patuh siwalima 2021 kita tingkatkan disiplin protokol kesehatan dan tata tertib berlalulintas dalam rangka mencegah penyebaran corona virus disease (Covid-19).serta mewujudkan kamseltibcar lantas yang mantap.”

Pantauan media ini, Kapolres Tual AKBP Dax Emanuelle Samson Manuputty S.I.K bertindak selaku inspektur upacara dalam memimpin pelaksanaan AGP dimaksud bertempat di Lapangan apel Mapolres Tual Jl. Dihir Nomor 1 Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual pukul 09:00 WIT Senin, (20/9/2021).

Dalam kesempatan itu, Kapolres Tual membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku dalam rangka Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan dengan sandi “Patuh Siwalima” tahun 2021.

Gelar pasukan yang dilaksanakan saat ini ditingkat Polda dan Satuan Kewilayahan merupakan tahapan penting untuk memastikan bahwa Polri bersama seluruh instansi terkait dan segenap potensi masyarakat benar-benar siap, baik dari segi kekuatan maupun kemampuan Personil maupun kelengkapan sarana dan prasarana yang akan digunakan sebelum turun ke lapangan sehingga seluruh perencanaan yang disusun dengan matang dapat diimplementasikan secara optimal selama pelaksanaan operasi patuh siwalima 2021.

“Sebagaimana kita ketahui, permasalahan lalulintas khususnya lalulintas jalan raya semakin hari semakin berkembang seiring berkembangnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi jumlah penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilisasi dalam memenuhi kebutuhan hidup.” ujarnya.

Belum maksimalnya ketersediaan sarana dan prasarana lalulintas jalan, regulasi angkutan umum serta rendahnya tingkat kesadaran dan disiplin masyarakat dalam mematuhi aturan atau aturan ketentuan perundang-undangan lalulintas menambah kompleksifitas permasalahan di bidang lalulintas.

Oleh sebab itu, Jajaran lantas Polri telah menetapkan kalender operasi patuh yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya guna menciptakan Kamseltibcar lantas ditengan pandemi Covid-19.

“Mencermati hal tersebut, saya mengharapkan jajaran lalulintas mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik secara taktis, teknis maupn strategis agar potensi pelanggaran kemacetan serta kecelakaan lalulintas yang terjadi dapat diminimalisir.” tutur Kapolres.

Ia menyadari bahwa, didalam pelaksanaan kegiatan maupun operasi dibidang lalulintas tersebut dibutuhkan peran serta seluruh stakeholder untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Harapan kita bersama adalah untuk mewujudkan disiplin masyarakat Maluku dalam berlalulintas.

“Operasi patuh tahun ini dilaksanakan seluruh Jajaran Polda selama 14 hari mulai tanggal 20 september tahun 2021 sampai dengan 3 Oktober 2021 melibatkan Personil Polda Maluku dan Jajaran sebanyak 306 Personil.” jelasnya.

Untuk Polda Maluku 105 Personil, Polres dan Polresta Jajaran sebanyak 201 Personil dengan bentuk operasi harkamtibmas bidang lalulintas yang mengedepankan yang mengedepankan kegiatan edukatif yang disertai dengan penegakan hukum dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polantas yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pelaksanaan operasi patuh Siwalima tahun lalu, terjadi pelanggaran lalulintas sebanyak 2.536 kali diantaranya penindakan tilang sebanyak 1.535 kali, dan teguran sebanyak 1.001 kali. Sedangkan untuk kecelakaan lalulintas terdapat 8 kasus, 4 korban meninggal dunia, 7 korban luka berat dan 7 korban luka ringan.

Oleh sebab itu, sebelum pelaksanaan operasi patuh siwalima tahun 2021 dimulai, tentunya telah dipersiapkan berbagai kesiapan baik perencanaan, sasaran dan cara bertindak sehingga bisa mencapai hasil yang optimal.

Adapun tujuan operasi patuh siwalima tahun 2021 ini sebagai berikut
1. Terciptanya situasi lalulintas yang aman tertib dan lancar pada lokasi yang rawan terjadinya kecelakaan pelanggaran dan kemacetan.

2. Meningkatkan ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalulintas.

3. Terciptanya kamseltibcar lantas ditengah pandemi covid-19.

4. Memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat menjaga kamseltibcar lantas serta mengembangkan kepolisian masyarakat yang berbaris masyarakat patuh hukum.

Guna mencapai hasil yang optimal tersebut maka diperlukan cara bertindak yang tepat agar dapat mengantisipasi hakekat ancaman dan karakteristik kerawanan di wilayah masing-masing.

Adapun cara bertindak dalam operasi patuh siwalima tahun 2021 adalah sebagai berikut
1. Melakukan deteksi dini penyelidikan dan pemetaan pada lokasi dan tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran dan laka lantas serta lokasi penyebaran covid-19.

2. Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang kamseltibcar lantas dan bahaya covid-19 berupa kegiatan sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, bener, baliho, penyebaran liver dan stiker serta melalui media cetak elektronik dan medsos.

3. Melaksanakan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas serta mematuhi protokol kesehatan guna memutuskan penyebaran covid-19.

Dalam melaksanakan operasi patuh siwalima tahun 2021, saya mengharapkan untuk menjaga keamanan personil terutama pada saat penertiban pelanggaran lalulintas. Oleh karena itu saya berpesan kepada seluruh Personil yang terlibat dalam pelaksanaan operasi agar selalu memperhatikan faktor keselamatan pada setiap kegiatan dalam operasi tetap patuhi protokol kesehatan selama pelaksanaan tugas di lapangan dengan dilengkapi APD perorangan dalam mengantisipasi penyebaran covid-19.

“Berikan contoh dan edukasi kepada masyarakat selama pelaksanaan kegiatan dalam situasi wabah covid-19 yang belum kita ketahui bersama kapan berakhir. Serta yang perlu diketahui juga sesuai perkiraan cuaca dari BMKG kita berada dalam iklim cuaca yang relatif hujan (Pancaroba) oleh karena itu kita harus tetap menjaga kesehatan masing-masing pribadi dan orang lain.” paparnya.

Laksanakan operasi siwalima tahun 2021 ini dengan penuh dedikasi dan rasa tanggung jawab yang tinggi dan profesional saling menjaga kekompakan dan nama baik institusi guna mencapai hasil yang diharapkan.

Turut hadir dalam AGP itu, Waka Polres Tual Kompol Syahirul Awab, Kabag Ops Polres Tual Kompol F. Tololiu S.H Para Kasat, Pejabar Utama (PJU) Polres Tual, perwakilan Lanal Tual, Kodim 1503 Tual, Angkatan Udara (Auri) Dumatubun Langgur dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: