Serah Terima Jabatan Baru, Kapolres Tual Mutasi 5 Personil

Tual Berita-Laser, Rotasi pergantian jabatan kembali terjadi di Wilayah Hukum Polres Tual. Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) lima Anggota Personil Polres Tual saat itu dipimpin Kapolres Tual AKBP. Dax Emanuelle Samson Manuputty S.I.K bertempat di Aula Jananuraga Mapolres Tual Selasa, (21/9/2021) pukul 15:00 WIT waktu setempat.

Sertijab sore itu diserahterimakan lima jabatan baru Polres Tual berdasarkan Kutipan Keputusan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Nomor : KEP/251/IX/2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda Maluku pada tanggal 8 September tahun 2021.

Kapolres Tual AKBP. Dax Emanuelle Samson Manuputty S.I.K dalam sambutannya mengatakan, mutasi serah terima dan pergantian jabatan adalah hal yang biasa di tubuh Polri. Demikian pula yang terjadi saat itu yakni perpindahan tugas dari beberapa anggotanya.

“Itu merupakan hal yang rumrah yang terjadi di kita sebagai anggota kepolisian. Karna mutasi ini merupakan toor of duty dan toor are of area yang harus kita laksanakan.” ujar Kapolres.

Ia mengaku, sebagai anggota Polri, tidak mungkin akan tetap bertahan di suatu tempat sampai dengan seterusnya. Namun tentunya akan memasuki perputaran-perputaran jabatan yang harus dilalui bersama selama berdinas di Kepolisian Negara Republik Indonesia (tubuh Polri).

“Jadi ini merupakan suatu hal yang biasa tidak ada maksud apapun. Ini perputaran karena ini memang kebutuhan dari organisasi jadi kiranya rekan-rekan bisa memahami hal seperti ini. Karna inilah yang sewajarnya terjadi di tubuh kita (Polri).” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres turut mengucapkan banyak terima kasih bagi pejabat lama yang akan meninggalkan Polres Tual ke tempat tugasnya yang baru.

Kepada Kompol FerdyTololliu (Mantan Kabag Ops), Kapolres menuturkan ribuan terima kasih atas pengabdiannya yang sudah banyak membantu Polres Tual selama ia menjabat sebagai Kapolres Tual selama kurang lebih 1¹/² bulan.

“Terima kasih untuk dedikasinya selama ini, bersama ibu yang sudah banyak membantu Polres ini selama melaksanakan tugas disin itu luar biasa kami ucapkan selama bertugas di tempat tugas yang baru di PAM Obvit sebgai kasubag redmin polda Maluku. Semoga semakin sukses disana dan juga untuk mencapai titik akhir pengabdian di kepolisian.” Ucapnya terharu.

Ditempat yang sama Kapolres juga mengucapkan selamat kepada pejabat – pejabat yang baru. Dikatakan, sertijab ini semuanya internal saja, tidak ada yang masuk dari luar daerah.

“Saya ucapkan selamat kepada pejabat yang baru. Segera laksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya. Kapolsek dibaca lagi deskripsinya seperti apa, junk discriptionnya seperti apa, apa saja tugasnya karna apalagi
yang menjabat Kapolsek ini tugasnya lebih berat karna dia memiliki wilayah dibandingkan dengan tugas tugas sebelumnya seperti di KBO reskim dan lain – lain. Tapi kalau kapolsek ini semua fungsi ada disitu itu harus dipelajari harus dilihat, harus cepat – cepat dikuasai wilayahnya masing – masing karena kita tahu wilayah Tual ini bukan wilayah yang mudah tetapi wilayah yang cukup sulit dengan perkembangan situasi yang ada.

Olehnya itu Kapolres meminta agar anggota yang menjabat Kapolsek langsung berkoordinasi dengan seluruh pimpinan-pimpinan di wilayah kerjanya masing – masing.

“Yang menjabat sebagai Kapolsek itu harus benar-benar digali. Langsung begitu nanti masuk melaksanakan koordinasi dengan pimpinan di kecamatan (Camat), Desa – desa (Kepala Ohoinya), Raja – raja, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat yang ada disitu semuanya. Jadi rekan – rekan bisa melaksanakan tugas sebaik mungkin.

Kapolres berharap, seluruh anggota personil polres tual dapat benar – benar belajar sehingga dapat menguasai wilayah sehingga pelaksanaan tugas kedepannya lebih baik lagi.

Untuk diketahui, pejabat yang melakukan serah terima jabatan antara lain AKP Johanis Titus Leftungun Kasubagdal Pers Bag SDM Polres Tual jabatan baru Ps. Kabag Ops Polres Tual, Iptu Ferdinand Solemede SH Ps. Kapolsek Kei Kecil Polres Tual Jabatan baru Kasi Humas Polres Tual, Iptu Mahadewa Bayu Sulistiana Endra STrk Kapolsek Dullah Utara Kota Tual Jabatan baru Ps. Kapolsek Kei Kecil Polres Tual, Ipda Cendaka Surya Darma STrk Kaur Binops Satreskrim Polres Tual Jabatan baru Kapolsek Dullah Utara Polres Tual dan Ipda Agustinus Frans Sapuri Kanit I SPKT Polres Tual Jabatan baru Ps. Kasi Propam Polres Tual.

Daniel Mituduan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: