Pelatihan Penanganan Prevelensi Balita Stunting Digelar Dinas P3AP2KB Kota Tual

Tual Beritalaser. Kegiatan pelatihan penanganan prevelensi balita stunting digelar selama dua hari dan berpusat di balai penyuluhan kecamatan pulau Dullah selatan kota tual.

Kegiatan tersebut dihadiri 23 orang yang terdiri dari 10 bidan dari 5 kecamatan yang langsung Menjadi Tim Pendamping Keluarga, Unsur IBI Kota Tual, 1 Orang Peserta dari Dinkes Kota Tual dan 10 Orang dari Unsur PKB dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tual.

Kepala Dinas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinas (P3AP2KB) Kota Tual, Mohammad Jamco dalam arahannya mengatakan, Aksi Penanganan Stunting di Provinsi Maluku Selama ini Berjalan Baik Melalui KEPRES 72 Tahun 2021, Prevalensi Balita Stunting di Provinsi Maluku berdasarkan Hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) 28,7, sedangkan Prevalensi Balita Stunting (Tinggi Badan Menurut Umur) di Kota Tual 27,7.

Jamco berharap, para Peserta yang Mengikuti Pelatihan Fasilitator TPK tersebut dapat Menerapkannya nanti hingga Tingkat Desa/Kelurahan, agar dapat Menurunkan Angka Stunting di Kota Tual Hingga 14 Persen.Fasilitator Pelatihan dari Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku, Susana C. Hengst katakan, Pelatihan ini Bertujuan untuk Memberikan Pemahaman bagi para Peserta yang Merupakan Fasilitator TPK di Tingkat Kabupaten/Kota, terhadap Fungsi Peran dan Tugas dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting.

Pelatihan Fasilitator TPK sudah dilaksanakan pada 8 Kabupaten/Kota di Maluku yaitu: Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kota Ambon.

Fasilitator Pelatihan Perwakilan BKKBN dan dari Unsur PD IBI Provinsi Maluku.

Hengts berharap, agar Peserta yang Mengikuti Pelatihan ini akan Menjadi Fasilitator Pendamping Keluarga Tingkat Kecamatan pada Wilayah Kota Tual.

Tinggalkan Balasan