Dinas Pendidikan Tual Gelar, Pendampingan Penyusunan Raport Berbasis Data

Tual Beritalaser. Dinas pendidikan kota tual menggelar kegiatan pendampingan rapor pendidikan dan perencanaan berbasis data pada. SD N.17, SD N 11, SD Al-Hilal 1 dan SD Al-Hilal 2 tual.

Hal ini disampaikan Koordinator pengawas SD dan SMP, bapak Djamaludin Rettob,S.Pd saat diwawancarai di pusat kegiatan SD Negeri 17 Tual 24/08/22.

Rettob menjelaskan, Setelah Kordinator pengawasan dan sekretaris dinas pendidikan dan kebudayaan kota tual mengikuti bimbingan teknis di rejen 8 Makasar pada tanggal 26 sampai pada tanggal 29 Juli 2022, dilaporkan hasilnya kepada kepala dinas pendidikan dan kebudayaan dan setelah itu bapak kepala dinas menginstruksikan kepada Korwas untuk segera melakukan pendampingan di seluruh satuan pendidikan, baik SD maupun SMP.

Dikatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk bagaimana satuan pendidikan menyusun laporan pendidikan berbasis data. Dari mana data itu?? data itu dirilis dari laporan pendidikan. Laporan pendidikan merupakan hasil asesmen siswa yang dilaksanakan pada tahun 2021.

Lanjutnya, setelah itu akan dianalisis berwarna merah dan orens hasilnya masih kurang dan hasil analisis akan dimasukan ke raport satuan pendidikan masing-masing. Sehingga pada saat penginputan RKS 2023, data-data raport akan masuk pada RKS. Kegiatan ini telah di mulai pada tanggal 8 Agustus 2022.

“Untuk saat ini jumlah satuan pendidikan yang mengikuti kegiatan sebanyak 4 kepala sekolah dan diikuti semua guru dari masing – masing satuan pendidikan”ungkapnya.

Ia menambahkan, tanggung jawab dinas pendidikan yaitu, Peningkatan kemampuan literasi dan peningkatan kemampuan numerasi. Sementara itu ada 5 indikator tanggung jawab pengawas dan satuan pendidikan adalah, kemampuan literasi, kemampuan numerasi, iklim karakter, iklim keamanan sekolah dan iklim pendidikan.

“Dari hasil kerja masing masing sekolah maka akan dipergunakan untuk dinas pendidikan menginput RKS dana bosnas tahun 2023. Data ini juga akan dipertanggung jawabkan ke DPRD kota tual”jelasnya.

Rettob berharap, dengan adanya penyusunan raport ini, dapat dimengerti, dipahami dan dilaksankan. (01)

Tinggalkan Balasan