Bapenda Tual Gencar Lakukan Sosialisasi Program Garopa Ke Semua Elemen

Tual Beritalaser. Badan Pendapatan Daerah Kota Tual gencar melakukan sosialisasi Gerakan Optimalisasi Pajak Daerah (GAROPA) di semua unsur elemen masyarakat.

Hal ini disampaikan Rudi Bugis Kepala Bapenda Kota tual saat di temui di tempat sosialisasi Geropa di Kominfo kota tual Rabu 7 Desember 2022.

Dijelaskan, Dari permasalahan yang dihadapi badan Pendapatan daerah kota tual, dari 8 jenis pajak yang dikelolah, ada 2 jenis pajak yang dianggap potensinya besar. Namun, penerimaan untuk pendapatan aset daerah masih kurang. Yakni, pajak, bumi , bangunan perdesaan dan perkotaan dan pajak, rumah makan, restoran kafe dll.

“Kami menilai ternyata belum optimalnya kedua pajak ini untuk memberikan kontribusi ke daerah, karena kurangnya sosialisasi dan pemahaman masyarakat tentang pajak untuk kepentingan daerah masih kecil”terangnya

Untuk itu menurutnya, lewat peserta PKN 2 angkatan 25 tahun 2022 mempunyai inovasi inovasi dan gagasan untuk mendorong peningkatan pajak daerah dengan Inovasi yang diberi nama GAROPA.

Program Geropa ini merupakan sebuah inovasi yang bertujuan untuk, meningkatkan penerimaan pajak daerah dengan mengajak atau menggerakan seluruh stakeholder dan semua elemen yang ada di kota tual untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam rangka pentingnya pajak untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Bugis berharap, seluruh elemen masyarakat dan stakeholder di kota tual sama sama mempunyai tanggung jawab untuk melakukan sosialisasi.

Tinggalkan Balasan