Hewan Qurban Di Kota Tual Telah Diperiksa Kesehatan & Diberi Label

0

Tual Beritalaser. Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Tual bekerjasama dengan Kementerian Agama Kota Tual dalam rangka melakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan qurban di seluruh lokasi penjualan hewan qurban pada tanggal 13-17 Juni 2022.

Kegiatan tersebut, bertujuan untuk memastikan hewan yang akan dibeli oleh masyarakat adalah hewan yang sehat dan layak sesuai syariat Islam untuk dijadikan hewan qurban.

Hal ini disampaikan oleh dokter hewan (drh) Ahmad Syarif Nuhuyanan Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Tual kepada kepada wartawan beritalaser online, saat di temui dan diwawancarai di lokasi peternakan BTN Tual 18/6/22.

Nuhuyanan menjelaskan, Pada pelaksanaan kegiatan ini, dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan. Sedangkan, Kementerian Agama Kota Tual melakukan pengecekan kelayakan hewan qurban sesuai syariat Islam dan menginfokan kepada masyarakat melalui masjid-masjid di Kota Tual untuk membeli hewan qurban yang memiliki label.

Dikatakan, Berdasarkan data yang diambil dari 10 (sepuluh) lokasi penjualan diketahui bahwa, tersedia sebanyak 850 ekor hewan qurban yang terdiri dari 710 ekor kambing jantan, 56 ekor domba jantan, dan 81 ekor sapi jantan. Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan qurban oleh petugas, ditemukan sebanyak 10 ekor kambing belum cukup umur sebagai hewan qurban, 1 ekor kambing cacat, dan 96 ekor kambing terjangkit penyakit Pink Eye.

“Setelah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan sehat dan layak untuk diqurbankan, maka diberi label ‘LAYAK QURBAN TAHUN 2022’ oleh petugas. Pada label tersebut juga terdapat nomor Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang diterbitkan oleh dokter hewan berwenang”ungkapnya.

Oleh karena itu kata Nuhuyanan, petugas hanya memberikan label untuk 740 ekor hewan yang dinyatakan benar-benar sehat dan layak secara syariat Islam untuk diperdagangkan sebagai hewan qurban.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat kota tual agar jika mau membeli hewan qurban pilihlah jenis hewan menggunakan lebel.(01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *