Pawai 11 Kontingen Pesparani Merupakan Kebersamaan Umat Katolik

Tual Beritalaser. Meriahnya pesta paduan suara gerejani (Pesparani) ke 4 tingkat provinsi Maluku. Kini, semua kontingen dari berbagai daerah sudah tiba di Maluku.

Gubernur Maluku Murad Ismail melepas rombongan pawai asal 11 kontingen kabupaten kota di Pesparani IV Propinsi Maluku, bertempat di depan kantor Balaikota Tual, Sabtu (24/9/2022).

Sebelum melepaskan rombongan pawai tersebut, Murad mengatakan, Pesparani ini merupakan pesta Iman, sekaligus pesta budaya masyarakat Maluku, sehingga pesta Iman ini patut dimaknai dalam ikatan persaudaraan sejati.

Pawai kontingen ini merupakan kebersamaan umat Katolik yang datang dari 11 kabupaten kota di Propinsi Maluku.

“Karena itu juara atau tidak, bukan itu yang utama. Yang terpenting melalui ajang Pesparani ini persatuan Umat Katolik di Maluku makin bersatu,” ujar Murad.

Menurutnya, potensi yang ada kiranya terus dikembangkan agar mampu berkiprah di ajang nasional maupun internasional.

Gubernur mengatakan, pemerintah dan masyarakat Propinsi Maluku berterimakasih kepada Pemkot Tual serta Umat Katolik Tual yang telah menjadi tuan rumah Pesparani IV tersebut.

Selain itu, semangat Ain Ni Ain yang tertuang dalam hukum Adat Larvul Ngabal, yang membuat Pesparani ini makin memiliki makna yang luas, dalam membangun kepribadian dan persatuan antar umat beragama di propinsi Maluku terutama di Tual Kota Maren, sebagai kota berpredikat toleransi terbaik.

Di ajang pawai kontingen tersebut, selain hadir Gubernur Maluku,j uga Walikota dan Wakil Walikota Tual bersama Sekot Tual, juga Bupati, Wakil Bupati dan Sekda, MBD serta Penjabat Walikota Ambon bersama tamu undangan lainya.

Pantauan media ini, pawai diawali star dari kantor balai kota tual menuju jalan utama kota tual, ke arah un SKB, tikungan werhir, menuju jalan utama tual dan finis di Gereja Katolik katedral.

Tinggalkan Balasan