Wakil Gubernur : Pesparani Katolik IV Mempererat Toleransi Antar Umat Beragama

0

Tual Beritalaser. Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas Orno bersama Ibu Gubernur tiba di Wilayah Kepulauan Kei dalam rangka Acara penutupan Pesparani Katolik IV tahun 2022 yang diselenggarakan di Lapangan Lodar El Kota Tual sebentar malam nanti pukul 20.00 WIT 29 September 2022.

Wakil Gubernur yang diwawancarai media ini di Restoran Forganza mengatakan, kami semua percaya sungguh bahwa penyelenggaraan Pesparani bisa menjadi perekat persaudaraan terhadap seluruh masyarakat maluku terkususnya untuk mempererat toleransi umat beragama.

Dikatakan, sesungguhnya kita semua orang bersaudara. Tetapi, kita dipisahkan saat jam ibadah dan keluar ibadah semua satu dan saling membutuhkan.

“Semoga Pesparani lebih mengkohkokan kita semua seperti filosofi 1 ekor ayam yang mempunyai telor untuk kita semua, yang memaknai : Ai ni ain Di Kei, kalwedo di MBD, duanlolad di Samlaki, jargaria di Aru, loliklalin vedak vena retimena barasehe di pulau buru, pamahanunuusa di Maluku tengah, sakamese nusa di SBB, itawutunusa di SBT, iti iti ala-ala lawawena haulala di pulau ambon”ungkap Orno.

Ia menambahkan, Kita semua orang Basudara potong di kuku rasa di daging. Mayang pinang Mayang kelapa timbang cengkeh di Saparua, orang bilang ade deng kaka sagu salempeng di bagi dua. Itulah, makna dari Pesparani ini dan semoga hal itu adalah implementasi dari filosofi-filosofi dan budaya kita orang Maluku.

Hadir dalam acara santai tersebut, Gubernur Maluku bersama istri, wakil walikota tual, DPRD Provinsi Maluku, asisten 1 Provinsi, wakil bupati aru, wakil bupati MBD Sekda Ambon, Sekda Tual, forkopimda tual-malra (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *